Percikan minyak panas tak jarang menimbulkan luka bakar. Hal ini terjadi ketika kamu melempar bahan masakan ke dalam wajan berisi minyak panas atau tidak sengaja menumpahkannya. Meski sering dianggap sepele, luka bakar akibat percikan minyak bisa menyebabkan nyeri, bengkak, dan kemerahan.


Percikan minyak saat memasak, meski sedikit, bisa menimbulkan nyeri, sensasi panas pada kulit yang terkena dan bahkan dapat menyebabkan kulit melepuh. Nah, berikut ini adalah 3 langkah yang perlu Anda lakukan untuk kulit Anda yang melepuh jika terjadi kecelakaan di dapur saat memasak.


  1. Dinginkan yang Terbakar. 

Basuh area yang terbakar dengan air dingin yang mengalir (bukan air es, ya) atau kompres dengan air dingin untuk meredakan rasa sakit. Jangan mencoba memencet luka bakar yang membengkak dan melepuh. Cairan dalam luka yang membengkak tersebut sebenarnya berfungsi sebagai pelindung dari infeksi. Jika luka tidak sengaja pecah, bersihkan area tersebut dengan air.

  1. Balut Luka Bakar. 

Gunakan kain pembalut medis yang steril dan jangan menggunakan kapas karena akan melekat pada luka. Jangan membalut terlalu ketat supaya tidak menimbulkan tekanan pada kulit yang terbakar. Selain itu, membalut luka bakar dapat menghindari kontaminasi dari udara luar, meredakan rasa sakit, dan melindungi kulit yang melepuh.

yang bisa Anda beli di apotek pada kapas dan tepuk pelan pada kulit yang luka.

  1. Oleskan Salep dari Bahan Alam

Oleskan salep dari bahan alam yang tidak mengandung antibiotik dan gunakan secara teratur sesuai aturan pakai.

Penting juga untuk menggunakan pelindung tangan atau sarung tangan karet, serta celemek, sehingga bila ada cipratan minyak atau air panas, tidak langsung mengenai badan Anda.
 
Siapkan juga salep khusus luka bakar di rumah untuk pertolongan pertama dan berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan agar kegiatan memasak Anda tetap aman, ya!


Sumber:

https://www.halodoc.com/pertolongan-pertama-luka-bakar-akibat-terkena-minyak-panas

https://www.primarasa.co.id/artikel-tanya-jawab/7-langkah-meredakan-sakit-karena-luka-bakar-saat-memasak-

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3768612/pertolongan-pertama-saat-terciprat-minyak-goreng-panas