Luka bakar, seperti juga pada jenis luka lainnya, dapat menyebabkan kondisi yang serius untuk penderita. Luka bakar juga butuh proses penyembuhan yang cukup lama, terutama untuk luka bakar Derajat Dua dan Derajat Tiga.
 

Penyembuhan Luka Bakar Berdasarkan Derajatnya

Kulit kita memiliki dua lapisan utama yaitu bagian paling luar yang lebih tipis dan bersentuhan langsung dengan lingkungan atau yang sering disebut epidermis, dan lapisan di bawahnya yang lebih tebal yaitu dermis.
 

1. Luka bakar derajat satu
Hanya permukaan kulit luar (epidermis) saja yang mengalami kerusakan. Sel-sel yang berada di bagian dermis (akar rambut dan kelenjar keringat) akan naik ke permukaan untuk menggantikan sel-sel yang rusak. Itu sebabnya luka bakar Derajat Satu atau sering juga disebut dengan superficial burns dapat sembuh relatif cepat yaitu antara 1-2 minggu. Luka bakar ini biasanya tak menimbulkan bekas luka setelah sembuh.
 

2. Luka bakar derajat dua
Dengan luka bakar yang telah sampai di lapisan kedua kulit yaitu dermis, kemungkinan besar banyak kelenjar yang rusak dan yang tersisa hanyalah sel-sel akar rambut. Untuk area luka bakar yang luas kemungkinan dibutuhkan operasi penanaman kulit baru atau skin grafting. Proses penyembuhan bisa dalam hitungan bulan. Bekas luka cukup terlihat dan kurang fleksibel.
 

3. Luka bakar derajat tiga
Untuk luka bakar jenis ini, lapisan kulit telah rusak sepenuhnya dan luka kemungkinan besar tak dapat sembuh dengan sendirinya. Satu-satunya cara penyembuhan adalah melalui proses operasi rekonstruksi yang biasanya dilakukan secara bertahap. Bekas luka sangat terlihat bahkan mungkin akan mengganggu gerak penderita seumur hidupnya.
 

Step by step Penyembuhan Luka Bakar

Ketika terjadi luka, secara alami tubuh kita akan langsung melakukan proses pembersihan dan pembentukan jaringan baru dengan tahapan sebagai berikut:
 

1. Proses pembekuan darah
Tidak semua luka akan mengeluarkan darah, terutama pada luka bakar. Namun jika terjadi pendarahan, maka dalam hitungan menit aliran darah akan berkurang dan bahkan berhenti (kecuali pada penderita dengan kondisi khusus seperti hemofilia).
 

2. Pembersihan luka bakar
Di tahapan ini, luka bakar akan sedikit membengkak, berwarna merah atau merah muda serta lembek. Banyak orang yang masih salah kaprah dan menganggap luka bakar harus selalu kering, padahal dalam tahap penyembuhan, luka harus dalam suasana lembab sehingga dapat mempercepat regenerasi sel untuk membentuk jaringan baru. Pada luka bakar derajat dua, biasanya ini terjadi ketika gelembung berisi cairan pecah. Pada lapisan ini, sel darah putih berperan sebagai ‘tentara’ imunitas yang sibuk membasmi kuman. Aliran darah di bawah luka akan membawa oksigen lebih banyak ke daerah tersebut untuk mempercepat penyembuhan. Normalnya, tahapan ini berlangsung sekitar 2-5 hari.
 

3. Perbaikan jaringan
Setelah luka mengering, proses pembentukan jaringan baru mulai terbentuk selama kurang lebih tiga minggu (tergantung kondisi kesehatan penderita). Sel darah merah membantu terbentuknya kolagen, yaitu lapisan berwarna keputihan yang kuat dan menjadi dasar dari pembentukan jaringan baru atau biasa disebut jaringan granulasi. Kulit baru pun akan terbentuk di atas luka bakar.
 

4. Bekas luka bakar
Dalam masa penyembuhan, luka akan terasa gatal dan jika ada gumpalan darah pun dalam proses ini sudah mulai mengelupas secara menyeluruh. Jaringan baru akan berwarna kemerahan, tegang dan mengilap. Bekas luka terlihat lebih kecil dari ukuran awalnya, namun jaringan baru yang muncul terlihat lebih rentan dan kurang fleksibel dibandingkan area di sekelilingnya. Seiring berjalannya waktu, bekas luka akan semakin memudar. Namun beberapa orang dengan kondisi kulit khusus akan menemukan jaringan parut pada bekas lukanya yang sering juga disebut keloid.
 

Tips: Sediakan Kotak P3K di Rumah Anda

Kecelakaan di dalam rumah sering kali mengintai Anda dan keluarga, termasuk luka bakar. Karenanya, sediakan selalu kotak obat di rumah Anda. Pastikan obat-obat berikut ada di dalamnya;

  • Obat pereda sakit perut
  • Aspirin
  • Obat sakit kepala
  • Obat alergi
  • Obat tetes mata
  • Balsem atau obat gosok
  • Salep Mebo, salep yang dapat mengobati luka bakar dengan mengurangi potensi terbentuknya bekas luka untuk luka bakar berat dan tanpa meninggalkan bekas luka yang menganggu penampilan untuk luka bakar ringan.

 

Referensi:

  • http://www.burncentrecare.co.uk/how_to%20_treat_burned_skin.htm
  • https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000741.htm
  • http://www.clinimed.co.uk/Wound-Care/Education/Wound-Essentials/Phases-of-Wound-Healing.aspx