Kalau ada yang masih ingat, beberapa tahun lalu Papih dan kucing saya kena siram air panas saat mau mandiin Raffi. Itu jangan ditanya paniknya saya kayak gimana : “(.


Waktu itu selain diguyur dengan air juga dikasih tepung plus odol, sesuai saran-saran tetangga dan teman. Namanya juga bingung banget. Terus juga waktu itu saya masih ingat, Papih bilang nyut-nyutan setelahnya sampai dia mengerang kesakitan. Terasa bener, gak bergunanya saya saat itu. Hiks... 

Andai saya saat itu tahu harus melakukan apa saat Papih atau anggota keluarga kena luka bakar.... 

Tapi kalau dipikir-pikir, sebagai ibu rumah tangga ternyata kita rentan terkena luka bakar. Banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Walau kalau dipikir-pikir rumah itu tempat paling nyaman di dunia. Cuma who knows? Kayak kejadian Papih dan kucing kena air panas kan juga diluar dugaan. 
Luka bakar pada ibu rumah tangga itu apa saja sih? Bisa saja terkena cipratan minyak saat menggoreng atau kena panas knalpot saat buru-buru antar anak sekolah. Banyak hal yang kita tidak tahu dan ternyata kita masih “blank” harus melakukan apa. Coba cek masing-masing kotak P3K di rumah, ada tidak untuk luka bakar ini? 90% bilang tidak :(, termasuk saya huhu. 

Kegiatan rentan luka bakar ibu
Kegiatan sehari-hari seperti ini rentan kena luka bakar walau terlihat sepele 

Untungnya saya datang ke talkshow Aksi Nyata untuk Luka Bakar Anda, pada tanggal 16 Maret 2019 bertempat di Watsons Mall Pondok Indah 2. Hadir sebagai nara sumber di acara ini adalah dr. Aryanto Habibie, SpBP-RE (Dokter spesialis bedah), ibu Yosefine dari Mebo Combiphar dan blogger yang erat dengan dunia anak, Tanti Amelia.

Talkshow ini terlaksana berkat kerjasama Mebo dan Watsons. Talkshow sekaligus Grand Launching Mebo ini dilakukan di 2 tempat, yaitu di Watsons PIM 2 dan Watsons Mall Depok.

Nanti kita bahas apa itu Mebo ya! Sebelumnya saya mau cerita tentang talkshow sarat ilmu kemarin.

 Mebo, atasi luka bakar

Mb Tanti Amelia, blogger, cerita saat acara di sekolah ada anak yang terkena lilin cair yang masih panas saat kegiatan membuat prakarya. Sama seperti pengalaman saya juga, ada yag ngasih tepunglah inilah itulah. Untung segera dibawa ke klinik dan diberikan pertolongan pertama salep Mebo ini. Jadi cepat sembuh. Untungnya ya.

Dr Aryanto bilang banyak yang salah untuk cara penanganan luka bakar. Apalagi mitos-mitos yang beredar selama ini. Yang ada bukannya menyembuhkan tapi malah buat luka bakar tambah parah. Belum lagi kalau sesudah diobati seadanya karena biasanya dirasa baik-baik saja. Padahal nyeri sesudah terkena luka bakar itu sangat berbahaya dan harus diobati bahkan diterapi.

 Mebo, atasi luka bakar

Apalagi pada anak-anak kecil usia 1-4 tahun, luka bakar sering terjadi karena mereka belum terlalu mengenal  hal berbahaya dan senang mencoba hal baru. Dan ya, benar, tugas kita sebagai ibu yang harus sangat mengawasi. Dan yang paling penting, Ibu atau orang tua sudah sigap tahu harus melakukan apa saat anak terkena luka bakar.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, luka bakar menyebabkan sekitar 195.000 jiwa meninggal di Indonesia setiap tahun. Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 2013 mencatat, luka bakar menempati urutan keenam penyebab cedera tidak disengaja (unintentional injury) dengan tingkat prevalensi 0,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia kebanyakan di rentang usia 1-4 tahun.
Pokoknya semua luka bakar diluar sunburn kulit terkena UV, sudah termasuk grade 2 yang memang harus diobati cepat. Jadi misalnya kita terkena percikan minyak panas atau knalpot harus buru-buru diobati.


Jadi-jadi, kalau terkena luka bakar kita harus bagaimana sih?


Nah, pada nungguin kan? Kudu lakuin apa sih kalau tetiba kena luka bakar? Yang pasti jangan panik duluan, plissss. Dulu saya gitu soale xD.

1. Lepas pakaian biar lebih mudah diobati
2. Aliri air keran sampai terasa agar enakan. Kemarin Dr Aryanto bilang, kalau semisal tidak ada bisa pakai cooler gel yang disimpan di kulkas gitu untuk mendinginkan.
3. Keringkan pelan-pelan dengan handuk lembut yang tidak berserat
4. Berikan salep luka bakar secara tipis
5. Segera bawa ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.
Pada anak-anak, setelah diberikan P3K harus tetap dibawa ke Rumah Sakit, karena daripada terlambat kena syaraf kan berabe walau anak terlihat baik-baik saja. Jadi memastikan baik-baik saja, memang tetap harus dibawa ke dokter untuk dicek lebih lanjut.


Penanganan atasi luka bakar
Penanganan yang tepat akan membuat luka bakar juga cepat sembuh. Nyeri bahkan efek berkepanjangan karena luka bakar bisa lebih mudah diminimalisir. 

Sampai sini dah paham ya apa yang harus kita lakukan kalau menghadapi luka bakar. Sekali lagi penanganan tepat, luka sembuh cepat.

Introducing Mebo, Solusi Nyata Menyembuhkan Luka Bakar


Dari tadi saya nyebut Mebo, dah tahu belum ini apa? Ini adalah salah satu produk unggulan Combiphar yang sudah terpercaya di 73 negara untuk menyembuhkan luka bakar sejak tahun 2006. Dulu namanya Kimbro, dengan nama baru dan kualitas sama, Mebo tetap menjadi pilihan pertama P3K saat menghadapi luka bakar.



mebo salep luka bakarmebo salep luka bakar




5  Kelebihan Mebo sebagai solusi pertolongan pertama mengatasi luka bakar : 
1. Meminimalisir rasa sakit 
2. Meminimalisir scar 
3. Penyembuhan luka lebih baik 
4. Mencegah infeksi bakteri 
5. Tidak mengandung antibiotik kimia. 3 Bahan  herbal Mebo itu Phellodendri chinensis Coptidis, rhizome, Scutellariae radix, Minyak wijen dan Beeswax (Lilin lebah).



Saat saya coba, wanginya wangi wijen gitu. Jadi berasa lapar saat mencium baunya. Tapi memag kandungan dalam minyak wijen itu berfungsi mengurangi peradangan pada luka bakar loh. Terus saya juga coba oleskan ke kulit, ada rasa sedikit hangat yang terasa. Kandungan dalam Mebo ini menjaga kondisi lembab biar cepat memyembuhkan luka. Kemasan tubenya juga mudah dibuka, apalagi kalau terburu-buru panik jadi tidak terlalu susah membuka. 

Yang pasti, jangan lupa sedia Mebo di kotak P3K di rumah ya! Mumpung sekarang Mebo lagi promo di semua gerai Watsons. Ada potongan discount Rp15.000 yang berlaku mulai dari 15 Maret – 15 April 2019 sehingga dari harga normal Rp. 96.500 menjadi Rp. 81.500,-. Voucher potongan harga ini bisa didapatkan di Watsons Pondok Indah Mall (15-17 Maret 2019), Mall Kelapa Gading (22-24 Maret 2019), dan Mall Margocity Depok (29-31 Maret 2019).


Sedia payung sebelum hujan
Sedia Mebo sebelum terkena luka bakar

Jangan salah penanganan luka bakar lagi ya buibu! Aliri air, keringkan perlahan dan oleskan Mebo untuk pertolongan pertama mengatasi luka bakar. 



mebo salep atasi luka bakar