Luka bakar adalah kondisi kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, listrik, radiasi, cairan, uap panas, atau gas yang mudah terbakar. Dan penting bagi pasien atau pun dokter untuk mengetahui luas serta derajat luka bakar untuk menilai tingkat keparahan luka serta menentukan pengobatan dan perawatan luka selanjutnya.


Ada beberapa penampakan pada luka bakar yang umum terjadi, antara lain kulit kemerahan, kulit melepuh, rasa nyeri atau sakit, kulit terkelupas, bengkak, kulit terlihat putih, atau bahkan hangus. Penampakan tersebut biasanya tergantung pada penyebab dan tingkat derajat luka bakar.

Derajat luka bakar dapat diklasifikasikan menjadi tiga tingkat, yakni tingkat 1, 2 dan 3. Setiap derajat luka bakar dinilai berdasarkan tingkat keparahan dan kerusakan yang diakibatkan pada kulit.

Derajat luka bakar tingkat 1 (superficial burn). Yakni luka bakar yang hanya mempengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja. Secara klinis, tandanya berupa kulit yang tampak merah, kering, dan terasa sakit. Contohnya, luka bakar yang disebabkan oleh sinar matahari. Luka bakar tingkat satu ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Tanda-tanda Anda mengalami luka bakar derajat satu adalah kulit menjadi kemerahan, peradangan atau bengkak ringan, nyeri yang masih dapat ditahan, kulit kering dan mengelupas, biasanya saat luka bakar mulai sembuh.

Luka bakar derajat satu masih terhitung mudah penanganannya dan bisa dilakukan sendiri di rumah dengan:

  1. Segera diamkan luka dibawah air mengalir minimal 10 menit

  2. Hindari mengoleskan pasta gigi, tepung, atau bahan-bahan lain karena dapat memperparah luka bakar

  3. Pakai salep dari bahan alam yang tidak menggunakan antibiotik

  4. Untuk luka bakar berat, konsultasikan dengan Dokter


Sumber:

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/pertolongan-pertama-luka-bakar/

https://www.alodokter.com/mengenal-derajat-luka-bakar-dan-perawatannya

https://www.alodokter.com/luka-bakar