Mencatok rambut memang sudah jadi kebiasaan kita sehari-hari. Demi mendapatkan tampilan rambut yang tertata rapi dan sesuai keinginan, tak sedikit wanita yang memanfaatkan alat catok hampir setiap harinya. Ada yang menggunakannya untuk meluruskan rambut yang keriting, ada pula yang menggunakannya untuk mengeriting rambutnya yang lurus. Berkat suhunya yang tinggi, alat catok dapat 'membentuk' dan menahan rambut dengan model yang Anda inginkan.

 

Saking buru-burunya ada kalanya kita tidak berhati-hati yang mengakibatkan kulit kita terbakar akibat terkena panasnya catokan. Sayangnya, karena suhu tinggi ini pula, seseorang rentan mengalami luka bakar akibat pelat panas dari alat catok yang mengenai kulit. Kulit tersebut nantinya akan membekas menjadi hitam.

 

Nah, jika terkena luka bakar, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Yuk, simak selengkapnya!

 

Dinginkan dengan Cepat

 

Mendinginkan bukan berarti mengompresnya dengan es batu. Perlu diperhatikan bahwa jangan pernah gunakan es batu untuk mendinginkan luka bakar karena Es dapat membekukan kulit dan beresiko terkena radang dingin. Es batu hanya akan memperparah kondisi luka bakar saja. Cukup dinginkan dengan air mengalir selama 15-20 menit, lakukan sesegera mungkin saat terkena catokan panas.

 

Jangan Dikelupas

 

Jangan menyentuh luka bakar dengan sembarangan karena luka bakar sangat mudah terinfeksi. Jadi, jangan membuat luka tambah parah dengan mengelupas kulit ari di atasnya sebelum ia terkelupas sendiri secara natural.

 

Oleskan Salep Dari Bahan Alam tanpa Antibiotik

 

Setelah pertolongan awal dengan menyiram luka di air yang mengalir, tahap selanjutnya adalah mengoleskan salep luka bakar yang terbuat dari bahan alami seperti MEBO, karena:

  1. 1. Terbuat dari bahan alam seperti rimpang coptidis, phellonderi, dan akar scutellariae untuk meringankan luka bakar ringan..
  2. 2. Mengandung minyak wijen yang dapat melembabkan kulit dan luka sehingga membantu meredakan pemulihan luka bakar ringan akibat catokan
  3. 3. Tidak mengandung antibiotic

 

Sumber:

https://journal.sociolla.com/beauty/cara-mengatasi-luka-bakar-alat-catok

http://www.tampilcantik.com/atasi-luka-bakar-akibat-terkena-catokan-dengan-cara-ini/

https://feed.merdeka.com/trend/hati-hati-saat-menata-rambut-151201e.html