Berlibur sambil berjemur di pantai memang terdengar menyenangkan. Namun, di balik keseruan kegiatan tersebut ada satu hal yang yang mesti kamu waspadai, yaitu teriknya sinar matahari. Sebab tak menutup kemungkinan, aktivitas menyenangkan itu justru akan menimbulkan masalah bagi dirimu. Kata ahli, terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan risiko kulit terbakar.


Sinar matahari memang dibutuhkan tubuh, khususnya dalam pembentukan vitamin D. Namun, radiasi sinar ultraviolet (UV) dalam sinar matahari dapat berdampak buruk terhadap kulit, mulai dari terbentuknya kerutan dan garis halus, warna kulit tidak merata, kerusakan pembuluh darah, bintik-bintik hitam, kanker kulit, termasuk luka bakar.


Luka bakar akibat sinar matahari cukup sering terjadi. Di AS, sekitar 42% orang dewasa melaporkan paling tidak satu kasus luka bakar akibat sinar matahari setiap tahunnya. [1] Luka bakar akibat sinar matahari umumnya terjadi setelah beberapa jam terpapar radiasi ultraviolet berlebihan, baik dari sinar matahari, maupun sumber lainnya (lampu matahari atau alat penggelap kulit). [2] Luka bakar akibat sinar matahari ditandai dengan kulit yang memerah dan meradang, serta terasa hangat saat disentuh. Dibutuhkan beberapa hari untuk meredakan luka bakar ini, dan setiap kasus luka bakar akibat sinar matahari yang Anda alami, membuat Anda semakin berisiko terhadap beragam masalah kulit, seperti kerutan, bintik hitam, ruam, dan kanker kulit (melanoma).


Sunburn sebenarnya juga sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sunburn dapat menyebabkan luka bakar superfisial atau dangkal yang merupakan luka bakar paling ringan. Nah, inilah yang menyebabkan sunburn sering kali diabaikan. 


Jika anda mengalami sunburn, segera dinginkan dan lembabkan kulit, misalnya berendam dengan air dingin, atau oleskan dengan salep khusus luka bakar, seperti Mebo, yang merupakan sediaan topikal untuk mengobati luka bakar yang dapat digunakan dengan praktis, tidak mengandung antibiotik, bahan kimia, serta memiliki kandungan minyak wijen dan beeswax yang dapat mengobati luka bakar dengan tepat dan cepat.


Sumber: