Luka bakar kimia dapat terjadi di rumah, di tempat kerja, atau di sekolah. Hal itu bisa diakibatkan oleh kecelakaan atau serangan tidak terduga. Meskipun hanya sedikit orang di Amerika Serikat yang mati setelah mengalami kontak dengan bahan kimia di rumah, banyak zat yang ada di area tempat tinggal dan penyimpanan dapat menimbulkan bahaya yang serius.


Banyak luka bakar kimiawi terjadi secara tidak sengaja melalui penyalahgunaan produk seperti rambut, kulit, dan perawatan kuku. Meskipun luka memang terjadi di rumah, resiko mengalami  luka bakar kimia jauh lebih besar di tempat kerja, terutama di bisnis dan pabrik yang menggunakan bahan kimia dalam jumlah besar.


Sebagian besar bahan kimia yang menyebabkan luka bakar adalah asam atau basa kuat. Sekilas informasi medis pada label bahan kimia berbahaya mengkonfirmasi toksisitas yang diharapkan. Tindakan pencegahan yang wajar dan edukasi konsumen dapat mengurangi risiko cedera keluarga Anda.


Sebagian besar luka bakar kimia terjadi pada wajah, mata, lengan, dan kaki. Biasanya luka bakar kimia tingkat resikonya relatif kecil dan hanya akan memerlukan perawatan rawat jalan. Namun luka bakar kimia bisa menipu. Beberapa kandungan zat kimia dapat menyebabkan kerusakan jaringan dalam yang tidak terlihat dengan mata telanjang.


Walaupun paparan luka bakar yang dialami sangat kecil dan Anda telah melakukan pertolongan pertama, hubungi dokter Anda untuk meninjau cedera dan bahan kimia yang terlibat dan untuk memastikan perlu atau tidaknya perawatan darurat lebih lanjut. 


Untuk pertolongan pertama, Mebo adalah jawaban terbaik bagi Anda yang mengalami luka bakar. Mebo mengandung bahan aktif yang terdiri dari bahan-bahan alami, minyak wijen dan beeswax yang dapat membantu Anda mengobati luka bakar dengan tepat dan aman.


Sumber: