Kecelakaan bisa terjadi kapan saja tanpa dapat diperkirakan, misalnya saat kurang hati-hati, kaki dapat bersentuhan dengan knalpot yang masih panas. Pastinya dapat menimbulkan luka bakar dan juga berbekas.


Luka bakar akibat knalpot bisa dikenali dengan warnanya yang cenderung kehitaman. Warna gelap pada kulit ini disebabkan oleh kondisi hiperpigmentasi pasca inflamasi (HPI). Kondisi ini kerap terjadi karena adanya cedera atau peradangan yang membuat produksi pigmen melamin pada kulit yang terkena knalpot panas terjadi secara berlebihan. 


Untuk menangani luka bakar akibat knalpot, tindakan berikut ini dapat dilakukan sebagai penanganan pertama dan hindari mengobati luka knalpot dengan mengoleskan bahan-bahan dari dapur misalnya mentega, kecap, pasta gigi atau menyiramnya dengan air es karena bisa memperberat kondisi luka.. 


Pertama, sesaat setelah terkena knalpot langsung alirkan air dingin dengan suhu 15-20 derajat celcius (bukan air es) selama kira-kira 20 menit pada kulit yang luka sebelum kulit mulai melepuh. Air akan mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi.


Kedua, siapkan kain lembut atau kapas yang sudah dibasahi dengan air dingin. Tepukkan kain tersebut pada luka bakar secara perlahan. Hati-hati saat menempelkan kain pada luka karena biasanya luka bakar akan terasa perih menyengat. Untuk meregenerasi jaringan kulit dan menghindari infeksi, tuangkan larutan salin yang bisa Anda beli di apotek pada kapas dan tepuk pelan pada kulit yang luka.

Dan yang ketiga, oleskan salep dari bahan alam dan gunakan secara teratur sesuai dengan aturan pakai pada luka bakar.

Jangan biarkan luka bakar Anda terbuka lebar atau terkena gesekan dengan kain atau benda-benda lainnya. Balut luka bakar dengan penutup luka steril dan pembalut yang longgar.



Sumber:

https://doktersehat.com/ini-dia-cara-mengatasi-bekas-luka-bakar-akibat-knalpot/

https://www.suara.com/health/2018/10/25/180000/lakukan-ini-untuk-pertolongan-pertama-luka-kena-knalpot

https://hellosehat.com/hidup-sehat/perawatan-luka/luka-bakar-knalpot-atau-setrika/