Kulit yang terbakar sering menimbulkan bekas luka yang lama sembuh. Menggunakan bahan alam untuk luka bakar ternyata sudah diketahui turun temurun, relatif lebih aman bagi tubuh dan meminimalkan bekas luka yang timbul.

Luka bakar dapat terjadi pada siapa saja dan di mana saja. Jika hal ini terjadi, ingatlah langkah pertama yang harus dilakukan saat terkena luka bakar adalah dengan menaruhnya di bawah aliran air bersih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, luka bakar harus dirawat dengan salep khusus luka bakar agar sel-sel baru cepat muncul dan menutupi luka.

Ternyata, sudah sejak lama orang menemukan bahan-bahan alam yang berkhasiat untuk mengobati dan memulihkan luka bakar. Berikut adalah beberapa diantaranya:


1. Cortex phellodendri

Bangsa China sudah lama mengenal khasiat dari tanaman yang memiliki nama latin Phellodendron chinensis Schneid ini. Mereka menyebutnya Huang Bo atau Huang Bai. Selain berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, Huang Bo juga sering digunakan untuk mengobati gangguan kulit (seperti eksim atau psoriasis). Manfaat utamanya adalah sebagai antiinflamasi. 

2. Coptidis rhizome

Rimpang (rhizome) dari tanaman Coptis chinensis Franch ini juga dikenal dengan nama Huang Lian. Bahan alam ini dikenal memiliki khasiat antiradang, antimikrobial dan analgesik (pereda nyeri). Sudah sejak lama Bangsa China menggunakannya untuk mengobati luka bakar, jerawat, bisul, ulkus dan beberapa jenis eksim. Bahkan ada juga yang menggunakannya untuk menjaga kadar gula dalam darah, terutama untuk pengidap diabetes.

3. Scuttellariae radix

Ini adalah akar dari tanaman Scutellariae baicalensis Georgi. Bangsa China menyebutnya Huang Qin, sedangkan di dunia barat lebih dikenal sebagai skullcap. Manfaatnya dari enam flavonoid yang dikandung Huang Qin ini sangat baik sebagai antiinflamasi, kanker dan bahkan untuk penyakit yang berkaitan dengan virus. 

4. Minyak wijen

Minyak wijen atau sesame oil ini berasal dari ekstrak biji tanaman Sesamum indicum yang aslinya berasal dari Afrika. Umumnya digunakan sebagai bumbu masak dan membuat masakan beraroma khas. Namun, selain itu, minyak wijen juga ternyata sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, memiliki kandungan antioksidan, bersifat antiinflamasi, pereda nyeri, dan sering dipakai untuk mengobati kulit yang luka atau terkena luka bakar.

5. Beeswax

Beeswax ini adalah bahan yang dihasilkan di perut lebah dan bercampur dengan liur lebah. Beeswax ini berfungsi untuk menjaga sarang lebah dari penyakit. Beeswax banyak digunakan di bidang kosmetik karena mengandung pelembab alami. Selain itu, beeswax juga memiliki khasiat antialergi, antioksidan, dan antiinflamasi. Sering digunakan untuk mengobati luka bakar ringan untuk mempercepat penyembuhan sel kulit.


Gunakan salep luka bakar untuk mempercepat penyembuhan

Bahan-bahan alam di atas bisa ditemukan dalam salep Mebo, salep dengan aroma minyak wijen yang dapat membantu meringankan luka bakar ringan. Kandungan bahan alamnya dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit, serta membuat area luka tetap lembab sehingga merangsang pemulihan jaringan dan meminimalisir terjadinya luka parut yang tak diinginkan.

Referensi: